Catatan Buat PSSI

...
Hari ini aku baca situsnya topskor, ada sebuah artikel yang sidikit nyentil ni . Artiket tersebut judulnya kalo ndak salah "PSSI dan pedoman dasar" . Menurutku artikel tersebut nyorotin ketidak profesionalnya PSSI dalam menjalankan kegiatannya. Gimana mo profesional, sampai sekarang bikin pedoman dasar aja masih gak selesai-selesai. Tentunya masih ingat dong beberapa bulan yang lalu PSSI sempat mendapatkan ultimatum dari FIFA tentang masalah tersebut, sampai-sampai sebagian masyarakat pecinta bola nasional dibuat ketar-ketir.

Gimana ndak kawatir wong FIFA sampai sempat mo mengancam membekukan seluruh kegiatan PSSI andai saja masalah pedoman dasar tersebut tidak terselesaikan. sekarang coba dibayangin, seandainya FIFA sampaiu membekukan seluruh kegiatan PSSI maka yang akan terjadi adalah seluruh kegiatan bola yang ada di Indonesia tidak bakal masuk dalam hitungan agenda FIFA. Jadi seluruh kerja para pemain bola yang ada dikompetisi nasional bakal sia-sia belaka.
Untungnya sampai sekarang ancaman FIFA belum terlaksana, and semoga saja sebagai pecinta bola tanah air ancaman tersebut tidak akan benar-benar terjadi. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang bakal terjadi bagi masyarakat yang selama ini menggantungkan hidupnya dari kompetisi nasional baik yang secara langsung maupun tak langsung. Yang pasti klub akan kehilangan uang penjualan tiket, para pedagang kaki lima atau asongan pun bakal kehilangan penghasilannya, dan masih banyak yang lainnya. Yang paling parah adalah para pemain bola tanah air tentunya bakal kehilangan mata pencahariannya dan klub akan kehilangan dana operasional yang selama ini telah dipersiapkan. Melihat sebegitu banyaknya kerugian yang bakal terjadi semoga PSSI mau membuka dan mengoreksi diri demi kemajuan sepak bola kita.

Dari artikel yang aku baca tersebut ternyata sampai sekarang permasalahan tersebut masih belum terselesaikan juga. Dari kesan yang saya tangkap PSSI masih menyimpan agenda tersembunyi dari sulitnya penyelesaian mengenai aturan dasar tersebut. Diantaranya seperti yang terserat dalam artikel tersebut yaitu PSSI masih akan memberikan kesempatan pada orang yang pernah tersangkut masalah kriminal untuk dapat menjadi staff eksekutif. Dan hal tersebutlah yang selama ini menjadi permasalahan FIFA yang melarang adanya orang yang pernah tersangkut masalah kriminal untuk menjabat anggota eksekutif induk organisasi sepak bola suatu negara. sebagai pecinta bola nasional saya merasa heran dan aneh terhadap permasalahn tersebut, coba bayangin aja orang yang jelas-jelas pernah menjadi tahanan kepolisian sampai sekarang masih menjabat sebagai pemimpin PSSI...mau dibawa kemana sepak bola kita, kepenjara kali ya!!!

Saya pikir sepak bola kita sekarang butuh seorang figur kepemimpinan dan sauritauladan yang baik. bagaiamana kita bisa maju wong orang selama ini kita butuhkan untuk menjadi contoh yang baik eh ternyata malah memberikan contoh yang kuran baik...coba dipikiran deh.
sekarang coba dibayangin, bagaimana seorang pemimpin mampu memberikan acuan kebijakan pada organisasinya dari jeruji penjara, bagaimana bisa memantau perkembangan sepak bola nasional dan dunia padahal tersebut sangat dibutuhkan bagi persepakbolaan kita....pokoknya susahlah masalahnya jika dikerjakan tanpa profesionalisme....betul gak bos....
whatever yang akan terjadi, yang pasti kita tetap berharap semoga permasalahan tersebut agar segera terselesaikan demi kemajuan persepakbolaan Indonesia. Bravo sepak bola indonesia...no anarkis no tawuran, just good football indonesia.
(Review berita di www.topskor.co.id edisi 14/1/2009)

No comments:

Post a Comment