Mengolah Belalang Goreng :: how to make fried locust

...

Belalang merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat Blora khususnya yang berada didaerah sekitar hutan jati. Belalang merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman jati. Sebagian orang menggolongkan belalang sebagai hama pengganggu namun bagi sebagian yang lain menganggap belalang sebagai salah satu makanan favorite. Disaat kondisi prekonomian yang serba susah seperti sekarang, orang banyak kesulitan untuk mendapatkan daging karena harganya yang cukup mahal. Namun bagi orang-orang sekitar hutan jati mampu menyiasatinya dengan mengkonsumsi belalang yang juga mempunyai nilai protein yang cukup. Mereka tidak harus mengeluarkan uang yang cukup mahal karena hanaya cukup dengan mencari atau berburu didalam hutan jati.


Tidak semua orang mau makan belalang karena mereka menganggap hewan tersebut menjijikkan dan tidak layak dimakan manusia. Sebagian orang memang mempunyai pantangan untuk makan belalang, hal ini terkait dengan adanya gejala alergi yang mungkin ditimbulkan dari belalang. Bagi orang-orang ditempat kami menganggap mencari belalang sudah menjadi rutinitas setiap tahun pada masa serangan belalang tersebut terjadi. Serangan belalang biasanya terjadi pada masa musim penghujan atau di saat awal tahun antara bulan januari-februari-maret.
Bagaimana mengolah belalang menjadi makanan yng cukup lezat ? sebagian besar orang mengolah belalang dengan menggorengnya dan menjadikannya sebagai lauk makan. Berikut beberapa langkah mengolah belalang agar menjadi makanan yang aman dikonsumsi.



  1. Yang harus dipersiapkan tentunya adalah belalang yng masih hidup atau sudah mati hasil tangkapan. Kalau kita membelinya biasanya dijual dengan satuan 100 ekor.

  2. Belalang tersebut kemudian harus dibersihkan kotoran dan sayap serta kaki loncatnya (sering disebut dengan dibheteti). Cara membersihkannya adalah dengan membuka kepalanya kearah depan kemudian membuang bagian dalamnya yang berwarna hitam (kotorannnya). Buang juga sayap dan kaki loncatnya yang bergerigi yang berda bagian thorax atau dada.

  3. setelah selesai dibersihkan kotorannya kemudian cuci belalang menggunakan air yang bersih hingga semuanya bersih dari kotorannya.

  4. Siapkan api dan kemudian belalang direbus dengan air sekitar 2 gelas. Tambahkan garam secukupnya serta bawang putih yang telah dihaluskan.

  5. Tunggu sampai airnya menjadi kering atau habis, biasanya belalang akan berubah menjadi berwarna agak kemerahan.
  6. Setelah airnya habis kemudian masukkan minyak goreng kedalam wajan dan gorenglah belalang hingga matang. Belalang yang matang biasanya ditandai dengan warnanya yang merah gelap dengan badannya mulai renyah atau kering.

  7. Angkatlah belalang dari wajan kemudian tiriskan minyaknya dan siap dihidangkan.

  8. Siapkan sambal dengan cabai rawit yang mentah tanpa digoreng dahulu atau sering disebut dengan sambel oshek. Ambillah beberapa belalang kemudian masukkan kedalam cobek sambal kemudian campurlah atau olekkan belalang kedalam sambal. Dijamin belalang akan terasa lebih nikmat dan lezat.


gambar proses pengolahan belalang

  • gambar belalang














  • gambar kotoran belalang









  • gambar cara membetheti









  • gambar belalang setelah dibetheti










  • gambar belalang direbus









  • gambar belalang digoreng












  • gambar belalang sudah masak


No comments:

Post a Comment