di lawu aku temukan

...
hari itu aku lagi mendaki gunung lawu yang ada di perbatasan antara jateng and jatim.
aku mendaki bersama temen2 ya berjumlah 6 orang termasuk aku...seperti biasa aku naik ke puncak sekitar habis maghrib and sampai puncak pagi hari. dari sepanjang perjalannku turun dari puncak, disepanjang jalur pendakian aku temukan banyak tanaman lamtoro atau sengon ya,pokoknya sejenis itu lah aku dah mulai agak lupa ni ama pelajaran2 jaman kuliah dulu. dari sepanjang perjalanan itu aku perhatiaan sebagian besar tanaman itu banyak benjolan-benjolan di bagian batang ang dahannya. dari pengamatan agak seksamaku ternyata ni kasus pernah aku temui juga di temanggung dulu and gejala-gejala yang nampak pun sama persis.
jadi disini ternyata penyakit tersebut sudah sangat menyebar dengan cepat and luas. Dari sebagian batang yang aku amati sudah banyak yang kering and mengalami kematian. jadi kemungkinan besar penyakit ini sudah menyebar disitu sangat lama. Dari mulai semai sampai pohonpun tanaman ini banyak terserang. kalo kita perhatikan gejala ini memang unik seperti benjolan yang mempunyai aneka ragam bentuk, tapi ketahuilah bahwa ini penyakit sangat berbahaya bagi tanaman. Bagaimana tidak yang pasti akan mengurangi bentuk batang menjadi kurang bagus dan pertumbuhan akan sangat terganggu and yang parahnya dapat menyebabkan kematian.Dibawah ini beberapa gambar yang aku dapatkan :


No comments:

Post a Comment