laporan bola

...
Mo cerita lagi friends , kemarin tepatnya hari sabtu aku main sepak bola ama anak-anak dilapangan kentungan. Kami melawan tim dari salah satu temenku, kami memakai seragam warna putih sementara mereka memakai seragam merah kombinasi hitam. Kami mulai pertandingan sekitar pukul 4 lebih dengan suasana agak mendung setelah pagi tadi hujan. Cuaca yang mendung tak menyurutkan semangat kami untuk saling beradu kemampuan mengolah sang kulit bundar. Tapi nampaknya cuaca yang mendung itu membawa hasil yang mendung pula bagi timku.

Hari itu anak-anak yang datang cukup banyak padahal biasanya satu tim aja masih kekurangan pemain. Kami memulai permainan dengan formasi 4 orang bertahan 5 pemain tengah dan satu orang striker saja. Setelah pluit ditiupkan kami memulai dengan satu peluang mencetak gol tapi akhirnya digagalkan oleh kipper mereka. Setelah itu tim lawan mulai menguasai pertandingan dan kami coba bermain bertahan. Beberapa peluang mereka peroleh namun selalu gagal, kamipun membalasnya dengan beberapa serangan balik namun juga selalu gagal mencetak gol. Sekitar setengah waktu berjalan akhirnya mereka berhasil membuat gol kegawang kami, diawali dari serangan lewat samping kanan mereka menyerang. Setelah bola mereka crossing ketengah bola berhasil disundul pemain belakang kami namun bolanya jatuh kembali kekaki lawan, langsung saja bola di shooting kegawang dengan tidak begitu keras. Bola berhasil ditangkap penjaga gawangku namun bola lepas dan akhirnya masuk kegawang kami, skorpun berubah menjadi 1-0. Kami mencoba membalas gol namun setelah berkali-kali kami coba, usaha kami selalu gagal hingga babak pertama usai.
Pertandingan babak kedua berjalan dengan pergantian beberapa pemain yang kami lakukan. Kami mencoba tetap bermain dengan serangan-serangan balik yang cepat kegawang mereka. Sekitar beberapa menit strategi tersebut masih cukup berjalan dengan. Tim lawan mencoba merubah strategi mereka dengan bermain lebih ke lebar lapangan kanan dan kiri. Mereka terus mengajak kami berlari beradu sprint sepanjang pertandingan sehingga membuat stamina pemain kami hampir habis. Strategi mereka akhirnya berhasil membuahkan gol yang kedua dan disusul gol yang ketiga. Permainan kami makin kacau tak terkendali seiring stamina kami yang makin terkuras. Kami sudah mencoba melakukan pergantian pemain namun hasilnya tetap sama sampai pertandingan berakhir dengan skor 6-0 untuk mereka. Kami sebenarnya juga mempunyai beberapa peluang yang hampir 90 % menjadi gol namun tetap gagal juga, terhitung 3 peluang yang harusnya menjadi gol bagi kami dibabak kedua.
Dari hasil tersebut ada beberapa kelemahan yang dapat aku baca, diantaranya kami kalah permainan dari mereka, kami seperti kekurangan pemain di sektor tengah. Aku yang saat itu pada posisi pemain tengah bertahan merasa seperti bekerja sendiri menghalang serangan mereka, hal itu terjadi karena jarak antara pemain tengah kami cukup jauh sehingga kekurangan pemain sebagai penyambung serangan. Salah satu pemain tengah kami saat itu tidak bermain mungkin itu juga salah satu penyebabnya karena dia adalah salah satu rekan kerjaku di sektor tengah. Masalah klasik yang kami alami adalah kehabisan stamina saat bertanding dengan tempo yang menguras, hal ini mungkin terjadi karena memang kami jarang bermain dilapangan besar dan bermain sebagai tim. Hal ini berbeda dengan lawan kami yang menurut pengamatanku mereka lebih bias bermain sebagi tim dan tentunya mempunyai fisik lebih baik dari kami. Pertandingan kali ini paling tidak memberikan pelajaran bagi kami bagaimana harus bermain sebagai sebuah tim, dan semoga memberikan hasil yang baik bagi kami.


No comments:

Post a Comment