antara mabuk ataukah durhaka (2)

...

Dari cerita yang sebelumnya, masih banyak cerita menarik yang terjadi. Hampir beberapa hari sebelumnya si D meninggalkan banyak cerita bagi orang-orang. cerita-cerita itu berkisar tanda-tanda kematian and beberapa cerita sesudahnya.

Sebelumnya kalo boleh aku cerita seperti apakah si D itu,umurnya sekitaran 25an. orangnya tidak begitu berpindidikan karena setauku dia tidak bersekolah. keluarganya ya termasuk orang yang tidak begitu berpunya tapi cukup standar atau rata-rata seperti penduduk yang lain juga. kerjanya ya tidak menentu kadang mbantu ditempat orang kadang merantau kemana gitu tapi setauku terakir katanya dia sempet kerja dijakarta sebagai penjaga gudang karena bulan puasa kemarin aku sempet memboncengkannya saat dia baru pulang dari jakarta karena saat itu aku secara tak sengaja bertemu dengannya saat dia menunggu angkutan mo pulang kerumah. orangnya memang agak aneh tapi ya cukup bargaul dengan semua orang jadi hampir semua orang kenal dengannya. Dia juga memang terbiasa mengkonsumsi minuman keras and boleh dibilang sangat jauh dari yang namanya agama. untuk selebihnya kamu kira-kira sendiri deh seperti apa dia.

Beberapa hari sebelum dia meninggal banyak cerita yang terjadi dari beberapa orang. Hampir cerita yang dia ceritakan menyangkut hal-hal kematian mungkin ini tanda-tanda kali ya. banyak beberapa hal juga yang telah dia kerjakan meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. diantaranya dia sempet memukuli anak kampung sebelah hingga babak belur sampai-sampai orangnya tidak berani lewat lagi, gara-garanya anak kampung sebelah tersebut lewat kampungku dengan menggeber-geber motor kenceng-kenceng. Saat idul adha kemarin dia juga sempet membuat ulah juga, dia datang ke tempat penyembelihan sapi disalah satu orang yang berqurban, meminta daging tapi ndak dikasih diapun marah-marah hingga akhirnya dikasih daging. dan masih banyak lagi yang lainnya.

sehari sebelum dia meninggal dia sempet main ketempat tetangga sebelahku, tetanggaku ngomong begini "kamu tu minum kok ndak berhenti-berhenti" jawab si D "tau buk orang gak berguna begini kok ndak mati-mati juga". Pagi sebelum dia meninggal sempet ngomong-ngomong sama temen-temenya "kalo aku mati pokoknya harus melayat semua, awas kalo ndak bakalan aku takut-takuti nanti" anak-anak sih nanggepinnya ya biasa saja, ya karena dikira becanda biasa saja. sama seseorang temannya dia juga sempet bilang begini "mas nanti kalo aku sakit ya dijenguk lo, kayak orang-orang itu lo dibawain roti and buah, dan kalo mati ya dilayat lo". sore sebelum dia kecelakaan itu dia kan minum-minuman dulu ditempat temennya, diapun bilang begini " nanti kalo aku mati kuburanku harus kamu mester(dicor) lo" dia sempet pula bilang sama seorang istri temannya begini "nanti kalo aku mati pokoknya kamu harus melayat, kalo tidak bakalan aku ganduli pantatmu". dan sekarang setelah dia meninggal orang baru nyadar ternyata itu semua tanda-tanda yang diberikan kepadanya sebelum pergi.

setelah dia meninggal hampir semua teman-temannya jadi nmerasa takut dan langsung melaksanakan semua yang di perintahkan si D. Semua temen-temennya datang melayat karena pada takut kalau dihantuinya. Temen minumnya tadi langsung memasang mester atau mengecor kuburannya dan istri temannya tadi langsung seharian melayat ditempatnya sampai-sampai membawakan sebotol arak kekuburannya. hanya ALLAH lah yang tau apa sebenarnya terjadi dan balasan apa yang pantas.

Bagiku hal ini semoga membawa hikmah bagi semua orang khususnya ditempatku , tentang menghormati orang tua, keburukan minuman keras dan rahasia kematian bagi semua orang. Banyak remaja tempatku yang sudah mulai lupa akan agama dan lebih banyak yang melakukan maksiat miras salah satunya. SEMOGA KAMI DAN MEREKA DAPAT MENGAMBIL PELAJARAN DARI INI SEMUA... AMIIIIN YA ALLAH


No comments:

Post a Comment