Apakah kita seorang plagiat ?

...
Suatu hari aku lagi browsing coba mencari-cari beberapa artikel yang ingin aku pelajari. Aku coba memanfaatkan sebuah situs pencari yang cukup terkenal yaitu google. Setelah aku ketikkan sebuah kata trus aku browsing, ada banyak situs yang berhasil ditemukan yang mengandung kata kunci yang aku cari tersebut. Dari banyaknya hasil pencarian, so pasti aku jadi seneng dong karena tentunya akan banyak artikel yang aku dapatkan. Langsung saja aku membuka beberapa link situs tersebut, kemudiian satu persatu artikel tersebut aku baca dan pelajari. Setelah beberapa artikel aku baca aku jadi berubah agak kecewa, pada awalnya aku merasa interest dengan banyaknya hasil temuan dari situs tersebut tapi setelah aku baca "kok isi dari artikel-artikel tersebut sama ya". Pada awalnya aku merasa akan banyak referensi yang aku dapatkan tapi ternyata yang aku dapatkan hanya pengulangan-pengulangan saja jadi aku merasa mambaca sebuah artrikel secara berulang-ulang aja.
Aku jadi inget sebuah kata "plagiat atau plagiarism", apa itu plagiat ?

Dari beberapa definisi yang aku temukan diantaranya dari situs ensiklopedia wikimedia menyatakan bahwa :
Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.
Pertanyaan selanjutnya yang timbul adalah penting gak sih plagiat atau plagiarism ?
Dalam dunia pendidikan plagiat merupakan suatu masalah yang sangat penting dan dianggap suatu tindakan yang memalukan dunia pendidikan. Hal ini karena hampir beberapa tahun kita bergelut dalam dunia keilmiahan, disana kita akan diajarkan untuk membuat hipotesis atau kesimpulan berdasarkan penelitian ilmiah yang kita lakukan sendiri, sehingga kita akan belajar menghargai suatu karya orang lain.
Plagiat dapat juga dianggap sebagai tindakan pidana karena dapat disamakan dengan tindakan mencuri apalagi apabila sumber yang dicuri tersebut sudah mendapat hak paten dari institusi yang berwenang.
Dalam dunia maya atau internet plagiat tetap menjadi masalah yang serius namun didunia maya plagiat sedikit lebih longgar daripada didunia pendidikan. Hal ini karena sebagian besar plagiat banyak ditemukan pada situs-situs free domain yang hanya merupakan situs-situs yang bersifat pribadi, sehingga sumber yang dirugikan tidak begitu mempermasalahkannya.

Bagaimana mengatasi masalah plagiat ?
Didunia pendidikan hampir semua instansi pendidikan telah melaksanakan pemberantasan masalah plagiat, misalnya di perguruan tinggi masalah plagiat menjadi perhatian serius para dosen saat mambimbing tugas akhir dari para mahasiswanya, karena di wilayah itulah banyak ditemukan tindakan plagiat. Dalam pembuatan tugas akhir mahasiswa secara sengaja ataupun tidak sengaja sering melakukan kegiatan plagiat, misalnya melakukan pengutipan tanpa menyebutkan referensi yang dikutip atau bahkan yang paling bahaya adalah menduplikat tugas akhir dari orang lain. Tindakan yang dilakukan olah instansi pendidikan menyikapi hal tersebut yaitu dengan lebih ngetatkankan pengawasan terhadap kelulusan tugas akhir mahasiswa. Di beberapa universitas bahkan telah menciptakan sistem pengendalian plagiat dengan membuat sebuah software pengontrol plagiat dari tugas akhir mahasiswa.

Untuk didunia maya sampai saat ini saya belum menemukan sistem pengontrolan mengenai plagiat tapi kemarin saya mendapatkan sebuah situs yang mencoba untuk membantu mengatasi masalah plagiat dalam internet. Di situs tersebut kita dapat menemukan situs-situs yang terindikasi mempunyai kesamaan kandungan artikel yang kita tulis atau baca. Dalam situs tersebut mengatakan plagiarism merupakan tindakan mengkopi sebagian atau sepenuhnya suatu artikel dari situs lain dan mengklaimnya sebagai miliknya.

"Plagiarism is a serious and growing problem on the Web. At any moment, anyone in the world can copy your online content and instantly paste it onto their own site. After making minor changes, they will claim your content as their own."
Situs tersebut adalah www.copyspace.com
di situs tersebut memberikan beberapa cara bagaimana mengatasi masalah plagiarism di dalam interet.
Plagiat merupakan tindakan sederhana dan mudah namun merupakan dosa besar yang harus dihindari karena hal terdebut menyangkut masalah hati nurani dan etika perpendapat seseorang. Sebenarnya cukup simpel mencegah plagiat yaitu kita harus mencoba berbesah hati menghargai pendapat orang lain yaitu cukup dengan tidak mengakui sesuatu yang bukan milik kita, dan apabila kita ingin memakai sesuatau milik orang lain kita harus berani mencantumkan darimana kita mengambil sesuatu tersebut. .....simpel kan!!!!!!

1 comment:

Post a Comment